Santun dalam Pekerti, Maju dalam Prestasi dan Teknologi

TATA TERTIB DAN KODE ETIK GURU


TATA TERTIB
GURU MI NU MIFTAHUL FALAH UNDAAN TENGAH

BAB I
PENDAHULUAN

1. Tata tertib ini bernama tata tertib guru MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah Undaan Kudus
2. Obyek tata tertib ini adalah semua guru MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah Undaan Kudus
3. Tata tertib ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan demi tercapainya pembangunan nasional dibidang pendidikan


BAB II
KODE ETIK


1. Berusaha meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2. Bertata hidup ala ahlus sunnah wal jamaah
3. Menciptakan situasi taawun antar guru
4. Menjadi suri tauladan bagi masyarakat
5. Menggunakan identitas guru dikalangan LP Ma'arif NU. :
    a. Berpeci bagi bapak guru
    b. Berbusana muslimah dan makromah bagi ibu guru
    c. Berseragam Ma'arif untuk hari Sabtu dan Ahad
    d. Berseragam PSH untuk hari Senin dan Selasa
    e. Berseragam madrasah untuk hari Rabu dan Kamis

BAB III
TUGAS – TUGAS POKOK 

A. GURU

    1.  Membuat Prota, Promes, Silabus, Rencana Program Pengajaran ( RPP )
    2.  Telah hadir 10 menit sebelum jam pelajaran
    3.  Mengisi daftar hadir yang telah disediakan
    4.  Menyampaikan pelajaran sesuai tugasnya
    5.  Membina dan mengarahkan serta memberi motivasi anak agar berkahlaqul karimah
    6.  Membina dan mengarahkan serta memberi motivasi agar disiplin dan rajin belajar
    7.  Membina dan mengarahkan serta memberi motivasi agar anak menaati tata tertib madrasah
    8.  Membantu mengatasi kesulitan anak dalam mengikuti pelajaran
    9.  Mengisi buku jurnal kelas
   10. Memberi tambahan pelajaran apabila belum mencapai target kurikulum
   11. Bila berhalangan hadir agar menyampaikan surat ijin kepada kepala Madrasah dan mengirimkan             tugas untuk anak.
   12. Berkonsultasi / minta ijin kepada kepala madrasah dalam hal – hal yang akan dilakukan yang                 sifatnya tidak rutin.
   13. Mengadakan evaluasi terhadap anak lengkap dengan administrasinya.
   14. Mengikuti dan menghadiri kegiatan – kegiatan madrasah.
   15. Berusaha menambah pengetahuan baik yang berhubungan dengan profesinya maupun bidang                 studi yang menjadi tugasnya.
   16. Melatih anak untuk saling membantu dalam kegiatan belajar baik secara perorangan maupun                   secara kelompok.
   17. Ikut melaksanakan wiyata mandala dengan sebaik – baiknya terutama point 4, yang berbunyi "               Para guru di dalam maupun diluar lingkungan madrasah harus senantiasa menjunjung tinggi                   martabat dan citra guru sebagai manusia yang dapat digugu / dipercaya dan ditiru betapapun                   sulitnya keadaan yang melingkunginya."

B. WALI KELAS
  1. Mewakili orang tua dan kepala madrasah dalam lingkungan kelasnya.
  2. Mengetahui nama, jumlah, identitas dan masalah – masalah anak didik.
  3. Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari di kelasnya.
  4. Mengambil tindakan untuk mengatasi masalah anak dan melaporkan kepada kepala madrasah bila kasus tersebut tidak dapat diatasi.
  5. Membina kepribadian dan akhlaq anak serta membantu pengembangan kecerdasan dan kertrampilan anak.
  6. Mengadakan penilaian terhadap kerajinan, kelakuan dan displin anak.
  7. Meneliti buku jurnal kelas serta menghitung prosentasi pengajaran setiap akhir bulan.
  8. Meneliti daftar hadir anak serta menghitung prosentasi absen serta menanda tangani setiap akhir bulan.
  9. Membina terlaksananya 7 K ( Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Keamanan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan )
  10. Memperhatikan kesejahteraan anak serta membina suasana kekeluargaan
  11. Memperhatikan buku raport, kenaikan kelas dan UAN / UAM
  12. Membuat laporan kepada kepala Madrasah.
C. GURU PIKET

  1. Hadir 30 menit sebelum jam masuk dimulai dengan membariskan anak untuk membaca asmaul husna bersama dan pulang 5 menit setelah jam pulang.
  2. Menciptakan suasana tertib KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ), dan mengkondisikan kelas – kelas kosong.
  3. Memberi pengawasan kepada anak didik pada hari itu.
  4. Mencatat peristiwa penting dan menyelesaikannya.
  5. Menjaga dan mendorong terlaksananya 7 K.
BAB IV
P E N U T U P 

Hal – hal yang belum diatur dalam tata tertib ini ditentukan dalam bentuk kebijaksanaan atau aturan khusus kepala madrasah.
Tata tertib ini diterapkan untuk dilaksanakan dengan harap ridlo Allah SWT




Share this post :

Posting Komentar

Sambutan Kepala

STOP BULLYING

WARTA MADRASAH

Informasi Madrasah

RDM 2023

DOWNLOAD NISN

E_LEARNING

PENERIMAAN RAPOR

PERPUSTAKAAN DIGITAL

 
Support : Copyright © 2015. MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger