Santun dalam Pekerti, Maju dalam Prestasi dan Teknologi

Sosialisasi Program Madrasah Tahun Pelajaran 2023-2024

        Kegiatan Sosialisasi Program Madrasah merupakan kegiatan yang dilaksanakan Lembaga MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah di awal tahun pelajaran 2023-2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 30 Juli 2023 di Aulia Balaidesa Undaan Tengah. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberitahukan dan meminta dukungan kepada wali murid dari kelas I sampai kelas VI rencana program kegiatan sesuai dengan Visi Misi MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah. 



        Sosialisasi di mulai dengan sambutan kepala madrasah dengan memohon bantuan wali murid untuk memotivasi anak-anak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang direncanakan madrasah. Karena tanpa dukungan bapak ibu wali kegiatan-kegiatan madrasah tidak akan bisa berjalan. Sambutan Ka. MI yang disampaikan Bapak Ahmad Yunus, S.Pd.I., M.Pd. ini dilanjutkan dengan menerangkan bahwa setiap madrasah mempunyai kegiatan unggulan masing-maasing, MI Undaan Tengah mempunyai unggulan salah satunya kegiatan TIK yang mana hanya baru ada 3 madrasah saja di kecamatan undaan yang mempunyai lab.  Komputer yang layak kegiatan pembelajaran TIK. Ini sesuai dengan sesuai dengan moto MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah yaitu "SANTUN DALAM PRESTASI, UNGGUL DALAM PRESTASI DAN TEKNOLOGI".

        Setelah sambutan Ka.MI dilanjutkan sosialisasi oleh Bapak Nor Said, S.Pd.I selaku Komite Madrasah yaitu wakil wali murid memberikan motivasi agar Bapak Ibu wali murid tanggap terhadap pendidikan anak,  terutama pendidikan di era digital sekarang ini. Karena pendidikan di zaman sekarang beda dengan pendidikan di masa Bapak Ibu Wali Murid.



        Sosialisasi selanjutkan oleh Waka. Bidang Kurikulum (Kegiatan Pembelajaran) oleh Ibu Mukniah,  M. Pd. Beliau menjelaskan bahwa kurikulum yang digunakan saat ini adakah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan K13 dan Kurikulum Merdeka unuk Kelas 1 dan kelas 4. dimana madrasah diberi kebebasan menunjukkan kegiatan unggulan sesuai kebutuhan masyarakat.  Adapun kegiatan unggulan MI Undaan Tengah adalah Program Tahfidz juz 30 ditambah S.  Yasin,  S. Waqiah dan S. Al Mulk.

           Beliau juga menjelaskan Kegitan Belajar Mengajar pada tahun pelajaran 2023-2024 di mulai 06.45 - 07.00 (do'a bersama) Adapun jam pulangsebagai berikut: kelas 1-2 pulang jam 10.45, kelas 3 pulang 11.35, dan kelas 4-6 pulang jam 12.10 dilanjutkan sholat berjamaah. Selanjutnya beliau menjelaskan terdapat pembinaan les membaca untuk kelas 1-3 dan pembinaan murid berprestasi untuk kelas 4-6 yaitu Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Tambahnya lagi bahwa penilaian sekarang yang ditetapkan pemerintah pengganti ujian Nasional adalah ANBK (dinas)  dan AKMI (kemenag) yang dilaksanakan pada kelas 5 pada tingkat SD/MI.



        Sosialisi selanjutnya oleh Bapak KH. Mu'anan yang menjelaskan pentingnya kebersihan madrasah. Dengan lingkungan yang nyaman, peserta didik pun akan lebih mudah menerima pelajaran. Untuk menyukseskan program madrasah tersebut, di mohon keikhlasan wali murid untuk memberikan iuran kebersihan yang digunakan untuk membayar tenaga kebersihan karena madrasah tidak menarik iuran Syahriah / SPP.

      Sosialisasi terakhir oleh Waka. Bidang Kesiswaan oleh Bp. Sriyanto, S.Pd. Beliau menjelaskan tentang semua kebutuhan yang digunakan untuk pembelajaran seperti seragam, atribut dan LKS sudah disiapkan oleh madrasah sehingga Bapak Ibu wali murid tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan anak. Kemudian beliau menjelaskan bahwa untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Di MI NU Miftahul Falah diselenggarakan beberapa jenis Ekstra kurikuler, diantaranya Pramuka, Kaligrafi, Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sanggar Bahasa, MTQ dan beberapa jenis olahraga untuk disiapkan mengikuti kegiatan Porsema maupun porseni.

Share this post :

Posting Komentar

Sambutan Kepala

STOP BULLYING

WARTA MADRASAH

Informasi Madrasah

RDM 2023

DOWNLOAD NISN

E_LEARNING

PENERIMAAN RAPOR

PERPUSTAKAAN DIGITAL

 
Support : Copyright © 2015. MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger