Santun dalam Pekerti, Maju dalam Prestasi dan Teknologi

Pembiasaan Membaca Surat Yasin MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah


Sebagai madrasah berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah Annadliyah, MI NU Miftahul Falah mengajarkan amaliyah warga Nahdliyah yaitu membaca Surat Yasin. Hal itu karena surat yasin ini banyak di baca oleh warga Nahdliyah bahkan ada jam’iyah yasinan yang didalamnya memlbaca surat Yasin. Adapun mengapa surat yasin? Karena fadliyah surat yasin yang banyak salah satunya yaitu dalam banyak riwayat, Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

 مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ غُفِرَ لَهُ

 Artinya: "Barangsiapa membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah, ia akan diampuni (dosanya)." (HR At Thobroni/145, 418; Al-Baihaqi/2360, 2361 dari Abu Hurairoh; Ad Darimi/3478 dari Hasan, Dishahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)





Dalam riwayat lain disebutkan dari Maqol bin Yasar, bahwa Nabi bersabda: "Bacalah untuk orang mati di antara kamu, Surat Yasin." (Hadis Sahih Riwayat Ibnu Hibban/3064, juga diriwayatkan Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad, An-Nasai, Al-Hakim, Ath-thobroni, Al-Baihaqi)


Pelaksanaan pembiasaan membaca surat Yasin ini dilaksanakan setiap hari Kamis minggu ke-3 setiap bulannya bertempat di serambi masjid Jami’ Assu’ada desa Undaan Tengah. Kegiatan ini di pimpin oleh Bapak Harish Abdul Basyith dan di ikuti seluruh peserta didik, dewan guru serta staff pegawai MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah.

Share this post :

Posting Komentar

Sambutan Kepala

STOP BULLYING

WARTA MADRASAH

Informasi Madrasah

RDM 2023

DOWNLOAD NISN

E_LEARNING

PENERIMAAN RAPOR

PERPUSTAKAAN DIGITAL

 
Support : Copyright © 2015. MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger