Sebagai
lembaga pendidikan Islam berhaluan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah,
MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah berkomitmen membekali siswa-siswinya dengan
amaliyah yang sesuai ajaran para ulama Nahdlatul Ulama. Salah satunya adalah
melalui pembiasaan Tahlil Bersama, agar peserta didik terbiasa
mengamalkan tradisi keagamaan yang lurus serta terhindar dari faham-faham yang
tidak sejalan dengan prinsip Aswaja.
Tujuan Kegiatan
- Membiasakan siswa-siswi dalam mengamalkan amaliyah
Aswaja An-Nahdliyah.
- Menanamkan sikap religius, khusyuk, dan
berakhlak mulia sejak dini.
- Membentengi peserta didik dari faham-faham yang
menyimpang dari ajaran Islam rahmatan lil ‘alamin.
- Menjalin kebersamaan antara madrasah, guru,
siswa, dan masyarakat sekitar (pengurus masjid).
- Menumbuhkan kecintaan pada doa bersama dan
tradisi tahlilan.
Waktu dan Tempat
- Hari: Setiap Kamis pagi
- Pukul: 07.00 – 07.30 WIB (sebelum
KBM dimulai)
- Tempat: Serambi Masjid Assu’ada’,
Undaan Tengah
Peserta
Seluruh siswa-siswi MI NU
Miftahul Falah dari kelas I – VI, bersama bapak/ibu guru dan pengurus masjid.
Pelaksana
- Imam Tahlil: Guru MI NU Miftahul
Falah sesuai jadwal yang ditentukan.
- Guru lainnya:
- Membantu menyiapkan sarana prasarana.
- Mengondisikan siswa agar tertib dan khusyuk.
- Mendampingi siswa pasca tahlil untuk masuk
kelas sesuai jadwal KBM.
Rangkaian Kegiatan
- Persiapan: Siswa berkumpul di
serambi masjid, duduk rapi sesuai kelas, guru menertibkan.
- Pelaksanaan Tahlil: Dipimpin imam
tahlil (guru sesuai jadwal).
- Doa penutup: Memohon keberkahan
untuk para wali, ulama, dan orang tua siswa.
- Kegiatan lanjutan: Siswa kembali
ke kelas masing-masing untuk melaksanakan KBM dengan doa pembuka
pembelajaran dipimpin guru kelas.
Kegiatan Tahlil
Bersama ini merupakan bagian dari program pembiasaan di MI NU Miftahul
Falah Undaan Tengah yang diharapkan menjadi bekal spiritual bagi siswa. Dengan
rutinitas ini, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang berilmu, beradab,
dan berpegang teguh pada amaliyah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
Posting Komentar