Santun dalam Pekerti, Maju dalam Prestasi dan Teknologi

DIDUKUNG FASILITAS MEMADAI, MI NU MIFTAHUL FALAH UNDAAN TENGAH LAKSANAKAN SIMULASI AKMI




Minumiftahulfalah.sch.id - Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Undaan Tengah melaksanakan kegiatan Simulasi AKMI (Asesmen \Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah) yang dipandu oleh Proktor dan Teknisi yaitu Bapak Suwandi, S.Pd.I. serta Ibu Farichatul Yani, S.Pd.I. pada Kamis pagi (02 September 2021). Kemudian dilanjut siangnya sekitar pukul 13.00 WIB.


Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sendiri merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar, yaitu: literasi, numerasi, dan karakter, serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. (Depdikbud ; 2021).


Terkait sarana dan prasarana, MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah telah memiliki laboratorium komputer serta rutin mengadakan ekstrakulikuler TIK di tiap pekannya. Sehingga siswa-siswi yang mengikuti Simulasi ANBK ini tidak canggung ketika berhadapan dengan layar komputer.


Tujuan dari ANBK adalah untuk memperoleh informasi yang dapat menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa. ANBK juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. 


Proktor Satuan Pendidikan dalam ANBK memiliki peranan yang sangat strategis dari segi teknis. Proktor adalah petugas atau orang yang bertanggung jawab dalam mengendalikan teknis pelaksanaan ANBK. Penyiapan perangkat komputer dan seluruh sarana pendukungnya, harus dipersiapkan dengan cermat dan sesuai prosedur demi terselenggaranya ANBK secara maksimal. Termasuk penyiapan perangkat lunak (software) seperti penginstallan, proses sinkronisasi hingga kelancaran dalam pelaksanaan dari sisi aplikasi. Demikian pula dengan perangkat kerasnya (hardware) semisal penyiapan jaringan, perangkat komputer itu sendiri hingga perbaikannya jika dibutuhkan. Saat ANBK yang sesungguhnya berlangsung nanti, proktor bertugas memastikan keseluruhan proses berjalan dengan lancar sesuai prosedur yang ditetapkan, dan berkoordinasi dengan Tim Teknis ANBK di tingkat kab/kota dan Provinsi.







Share this post :

Posting Komentar

Sambutan Kepala

STOP BULLYING

WARTA MADRASAH

Informasi Madrasah

RDM 2023

DOWNLOAD NISN

E_LEARNING

PENERIMAAN RAPOR

PERPUSTAKAAN DIGITAL

 
Support : Copyright © 2015. MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger