Santun dalam Pekerti, Maju dalam Prestasi dan Teknologi

Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah Tahun 2023

Hari Selasa, 10 Oktober 2023 terlihat siswa-siswi MI NU Miftahul Falah memakai seragam santri (sarung dan baju putih) dengan menenteng sebungkus plastik berisi jajan. Ya betul, pada hari ini madrasah mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. sekaligus menyambut hari santri tahun 2023. Berada di halaman Madrasah selatan, acara di mulai jam 07.30 sampai 09.15 WIB. Kegiatan di mulai dengan pembacaan surotul fatihah oleh Ustadz Ahmad Rokib, S.Pd. selaku pembawa acara tersebut dilanjutkan Tahlil oleh Bapak KH. Fatkhur Rohman, S.Pd.I.


Melanjutkan acara ke tiga adalah pembacaan Ayat-ayat Suci Alqur'an (PASA) oleh ananda AERLYN BELVANIA RACHEL (Kelas IV) dan ACHLA AISYA ADDZAKIYYA (Kelas VI) dan pembacaan Maulidur Rasul oleh NAHIKA ASNA TAQIYYA, RAISYA FAKIHAH AILATU WIAM, RAISYA MAHIRA LIHANDRA dan SAHLA AINUL MUFIDA keempatnya adalah siswi kelas VI MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah. Sengaja diambilkan dari siswi-siswi MI NU Miftahul Falah untuk menunjukkan hasil dari kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan pembiasaan keagamaan yaitu ekstra MTQ dan kegiatan pembiasaan Maulidur Rasul di tiap kamis pagi sebelum KMB di mulai.


Selepas maulidur rasul dilanjutkan sambutan kepala madrasah yang disampaikan Bapak Ahmad Yunus, S.Pd.I., M.Pd. Dalam sambutannya beliau berharap siswa-siswi MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah bisa meneladani sifat-sifat nabi nabi diantaranya sifat ramah dan menyayangi sesama, kepada kakak kelas menghormati dan kepada adik kelas menyayangi, serta  berpesan juga untuk selalu memperbanyak membaca Sholawat kepada Nabi sebagai bentuk cinta kepada Nabi Muhammad SAW.



Pada kegiatan inti yaitu Mauidhoh Hasanah disampaikan oleh Bapak H. Ahmad Halim, S.Pd.I. memulai dengan menyanyikan sholawat Alamate anak sholih, dimana terlihat antusias siswa-siswi menyanyikan sholawat tersebut sampai di ulang beberapa kali. Seusai itu beliau menyampaikan sholawat yang telah dilagukan bersama-sama tersebut tidak hanya di hafal, alangkah baiknya di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Diantara ini dari sholawat alamate anak sholeh sebagai berikut.

1. Kang dihin lisane alus ngendikane, yang pertama adalah lisan dan tutur katanya lembut. Dimana siswa-siswi MI NU Miftahul Falah di harapkan terbiasa berkata sopan, kalau berbicara dengan yang lebih tua (guru) menggunakan bahasa Jawa Krama dan tidak berkata kotor

2. Kapindo mulyaaken ing wong tuane, yang kedua memuliakan orang tuanya. Dimana kalau di sekolah Bapak Ibu guru adalah orang tua yang juga butuh dimulyakan seperti memulyakan orang tua yang ada di rumah.

3. Kaping telu asih ing bocah cilik-cilik, Yang ketiga sayang kepada anak kecil-kecil. Dengan adik kelas harus menyayangi jangan ada pembulyingan di madrasah

4. Kaping papat ngamal anut ing ilmune, yang keempat beramal dengan ilmu. Setelah anak-anak di ajarkan bagaimana beribadah oleh Bapak Ibu guru di madrasah, diharapkan anak bisa mengamalkan ilmu tersebut. Baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat.



Akhirnya kegiatan selesai dengan pembagian jajan kepada siswa-siswi dengan mengharapkan barokah jajan yang sudah dibacakan maulidur rasul memberikan barokah dan dimudahkan dalam menuntut ilmu serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat Amiin Allahumma amiin.

Share this post :

Posting Komentar

Sambutan Kepala

STOP BULLYING

WARTA MADRASAH

Informasi Madrasah

RDM 2023

DOWNLOAD NISN

E_LEARNING

PENERIMAAN RAPOR

PERPUSTAKAAN DIGITAL

 
Support : Copyright © 2015. MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger