Santun dalam Pekerti, Maju dalam Prestasi dan Teknologi

Peringatan HUT Pramuka Ke-61 MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah

Peringatan HUT Pramuka Ke-61 MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah

            Dalam memeriahkan peringatan hari ulang tahun pramuka yang ke-61, MI NU melaksanakan beberapa kegiatan kepramukaan. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi MI NU Miftahul Falah yang terbagi menjadi pramuka siaga (kelas 1-3) dan pramuka penggalang (kelas 4-5). Adapun kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus dan Ahad tanggal 14 Agustus 2022.



            Pada hari sabtu, 13 Agustus kegiatan yang diselenggarakan berupa permainan kepramukaan, jelajah alam dan halang rintang. Permainan kepramukaan ditujukan khususnya pramuka siaga (kelas1-3) agar peserta didik tertarik dalam mengikuti kegiatan ekstra pramuka. Adapun permainan yang dilaksanakan adalah permainan besar pembentukan BARUNG dengan menggunakan bendera sebagai medianya. Dimana peserta didik diminta untuk berkumpul sesuai warna bendera yang sudah diacak sebelumnya. Setelah terbentuk barung, peserta didik bekerja kelompok dalam menyelesaikan permainan yang kedua yaitu puzzle Tunas Kelapa. Dipermainan terakhir untuk pramuka siaga adalah permainan KIM Lihat, dimana peserta didik disuruh melihat benda-benda yang disediakan diatas nampan dalam beberapa detik, kemudian secara kelompok disuruh menyebutkan benda-benda yang dilihat tadi.
            
            Selanjutnya kegiatan untuk pramuka penggalang (kelas 4-6) adalah permainan besar berupa pengelompokkan peserta didik berdasarkan bulan lahir yang digunakan untuk pembentukan regu. Setelah terbentuk regu dilanjutkan jelajah alam (hiking). Dalam hiking ada beberapa materi yang diberikan, yaitu PBB dan halang rintang yang terdiri dari merayap, jaring-jaring listrik dan memindahkan bola dengan tali rafia. Materi PBB disampaikan oleh Kak Farichatul Yani, S.Pd.I sebagai salah satu bentuk latihan kedisiplinan peserta didik. Kemudian halang rintang yang dilaksanakan di lapangan desa Undaan Tengah ini untuk melatih ketangkasan  dan melatih kerjasama antar anggota regu.


            Di hari lahir pramuka yang ke-61 yaitu tanggal 14 Agustus 2022, dilaksanakan upacara peringatan HUT Pramuka Ke-61 yang berada di halaman utara madrasah. Dalam upacara tersebut dikibarkannya bendera tunas kelapa dengan diiringi tepuk pramuka dari peserta upacara. Bertindak pembina upacara adalah Kak Sriyanto, S.Pd. Selaku Ka. Gudep. Beliau mengingatkan pentingnya kegiatan kepramukaan untuk melatih kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Terutama yang mempunyai cita-cita menjadi Polisi atau Tentara. “Wong kepengin jadi Polisi atau Tentara kok ndak bisa baris-berbaris”, imbuhnya. Upacara berlangsung Khidmah dan lancar. Lagu Satya Dharma Pramuka pun berkumandang sebagai pengingat bahwa kita adalah pandu-pandu dari Ibu Pertiwi. Selanjutnya do’a dibacakan oleh Kak Ahmad Yunus, S.Pd.I., M.Pd. sebagai penutup acara upacara tersebut.


Share this post :

Posting Komentar

Sambutan Kepala

STOP BULLYING

WARTA MADRASAH

Informasi Madrasah

RDM 2023

DOWNLOAD NISN

E_LEARNING

PENERIMAAN RAPOR

PERPUSTAKAAN DIGITAL

 
Support : Copyright © 2015. MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger